menggunakan Parameter URL di search console, apakah itu aman?

Parameter URL Adalah salahsatu pilihan menu yang ada di google search console, Mengetahui fungsi juga dampak dari google parameter adalah hal penting sebelum mulai menggunakannya.

Ada beberapa pilihan menu yang ada di webmaster tool milik google tersebut. Yang fungsinya tidak lain untuk mengoptimalkan blog pada mesin pencari, atau biasa dikenal dengan optimasi SEO.

Salahsatu fitur search console ialah yang saya sebutkan di awal. Untuk mencari fitur ini silakan pilih menu Perayapan >> Parameter URL pada halaman search console anda. Lihat pada gambar dan klik untuk memperbesar.

Setelah anda mengikuti menu di atas dan memilih "parameter URL" maka akan langsung terlihat peringatan seperti pada gambar ini.
Pada laman Bantuan Google sudah di jelaskan bahwa penggunaan parameter URL ditunjukan untuk situs yang memiliki laman khusus seperti situs jual beli online misalnya. Sedangkan untuk web pribadi atau yang bersifat individual fitur ini dianggap kurang spesifik dan dapat berpengaruh buruk terhadap perayapan halaman blog/web yang kita miliki.

Google Parameter URL sangat sensitif terhadap hurup besar kecil. Jadi berhati hatilah saat anda menambahkan beberapa parameter pada laman webmaster.

Gunakanlah opsi ini jika benar benar di perlukan pada situs anda, karena jika terjadi kesalahan saat penerapan setting ini kemungkinan tautan tidak akan muncul di pencarian google.

Jika anda sudah mengatur fitur ini di search console dan ternyata memang ada beberapa URL yang tidak terindeks, Anda pasti bingung dan ingin tahu bagaimana cara membatalkan parameter URL.

Sebenarnya parameter URL yang sudah di setting tidak bisa di batalkan atau di hapus. Tapi ada beberapa cara untuk mengatasinya agar situs kita terhindar dari dampak buruk yang ditimbulkan.

Jadi sebelum menggunakannya sebaiknya berhati - hati dan cari tahu dulu apa fungsi dan dampaknya bagi situs kita. Jangan sampai mengalami hal yang tidak mengenakan seperti yang terjadi pada blog saya.

Fungsi dari parameter URL ialah mengelompokan beberapa URL berbeda tapi memiliki konten yang sama kedalam satu kumpulan dan memilih URL terbaik menurut algoritma untuk mewakili kumpulan dari hasil pencarian.

Dalam hal ini google mengonsolidasi hal-hal yang ada pada kumpulan URL tersebut, misalnya kepopuleran tautan yang tertuju ke URL perwakilan, agar pada akhirnya dapat meningkatkan akurasi peringkat laman.

Dan untuk URL yang tidak di pilih sebagai kanonis akan di anggap sebagai duplikat konten, tentunya akan di abaikan oleh mesin pencari dan tidak di indeks di laman pencarian google. Dan ini sangat merugian blog anda, apalagi jika blog tersebut sudah terdaftar di adsense pastinya penghasilan anda akan turun drastis.

Baca: Cara melihat url yang sudah dan belum di indeks google

Baca juga: Tutorial lengkap daftar adsense full approve dari blogspot

Ada dua macam kasus Duplikat konten.

1. Jika URL duplikat dan kanonis masih dari konten blog itu sendiri. Kasus ini masih bisa diatasi dengan beberapa cara.

2. URL konten kita yang dianggap duplikat konten dan yang di indeks bukan properti milik kita, alias konten blog lain yang lebih bagus di mata search engine. Untuk kasus ini tentu akan lebih sulit untuk memperbaikinya.

Mari lanjut ke tahap penyelesaian masalah nomor satu.
Pertama coba lihat contoh kasus berikut:

Contoh

URL berikut mengarah ke konten yang sama:
koleksi celana dengan warna hitam, meskipun beberapa laman ini mungkin dikelola atau difiter dengan sedikit berbeda.

 http://www.example.com/products/men-jeans-black.html

 http://www.example.com/products/men?category=jeans&color=black

 http://example.com/shop/index.php?product_id=32&highlight=black+jeans&cat_id=1&sessionid=123&affid=431

 http://example.com/search/label/jeans

Jika URL http://www.example.com/products/men-jeans-black.html halaman yang ingin di jadikan pilihan untuk di indeks, tapi ternyata search engine memilih URL lain sebagai kanonis dan mengabaikan link tersebut. Cara mengatasinya ialah sebagai berikut:

1. Menggunakan robot.txt khusus

 Silahkan masuk ke blogger lalu pilih menu pengaturan>>preferensi penelusuran lalu cari robots.txt khusus klik edit dan pilih ya. Isi kotak dengan Kode ini

User-agent: Mediapartners-Google

User-agent: *
Disallow: /search/
Allow: /

Sitemap: https://situsanda.com/sitemap.xml

Ganti "situsanda.com" dengan alamat situs anda Lalu simpan pengaturan.
Setelah itu silahkan masuk ke halaman search console pada menu pilih perayapan>>penguji robots.txt, masukan kembali kode di atas kedalam kolom yang tersedia lalu kirim.
Lalu masuk ke menu parameter URL dan setel ulang semua parameter yang sudah di buat.
Silahkan tunggu 1 hingga 2 minggu untuk melihat hasilnya.

2. Menggunakan tag link rel="cannonical"

 Tambahkan tag <link> rel="cannonical" pada susunan Html template dan tempatkan di bawa kode <head>
contoh: <link href="http://m.example.com/search/label/jeans" rel="cannonical>
Dan jika situs memiliki versi mobile silahkan tambahkan <link> rel="alternate" seperti ini <link rel="alternate" media="only screen and (max-width: 640px)"  href="http://m.example.com/search/label/jeans">

Untuk saat ini mungkin cukup itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan senantiasa menambah pengetahuan tentang dunia blogging.

Related Posts

3 comments

  1. saya cobake maz moga berhasil,makasih infonya

    ReplyDelete
  2. makasih om, jadi nambah ilmu blogging lagi, saya tunggu kunjunganya di blog ane ya,

    kazeb.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Dilarang keras komentar spam, link aktif, dan promosi situs judi online juga situs konten dewasa. Admin akan menghapus komentar yang memiliki kriteria seperti di atas.

Subscribe Our Newsletter