Cara mengatasi Asus Z00WD bootloop menggunakan minimal adb flashtool

Apakah Smartphone Asus Zenfone 2 laser anda mengalami masalah seperti kriteria dibawah ini?
  • Asus zenfone Bootloop
  • Zenfone 2 matot (Bukan kerusakan hardware)
  • Lupa password atau pola kunci layar
  • Brick
  • Zenfone Restart sendiri mentok di logo asus
  • Smartphone asus sering hang
  • Tidak bisa menyala/ hanya mentok logo asus dan getar
Bootloop

Tidak usah panik, Trit-Net punya solusi untuk mengatasi masalah di atas. Dan andapun bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus pergi ke tukang service, pasti tau sendiri kan kalo sama tukang service handphone bisa kena biaya 1-2 ratus ribu untuk jasanya. Belum lagi kalo ada sparepart yang harus di ganti. Tapi kalo bisa refair sendiri kan lumayan tuh duitnya buat beli kuota internet hehehe.

Anda pasti udah gak sabar nih dan pengen buru buru sekrol ke bawah. Tapi tahan dulu boss...
Sebelum bisa memperbaikinya sebaiknya anda cari dulu akar permasalahan atau kalau dalam ilmu kedokteran di sebut gejala awal, kalo di kepolisian biasa di sebut penyelidika/delik kasus, kalo di dunia service apa ya namanya..?
Pokoknya cari tau deh kenapa handphone sampean bisa rusak seperti kriteria yang saya sebut di paragraf awal.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan android jadi bootloop, brick, hang dan paling parah mati total. Saya akan menyebutkan satu per satu agar anda bisa mengidentifikasi permasalahannya sesuai dengan kasus yang anda alami. Oke simak ya gan..

Gagal flash
Apakah sebelumnya anda melakukan flashing?
Jika iya berarti Faktor inilah yang menjadi penyebab utama smartphone android anda bootloop.

Perlu diketahui flashing adalah sebuah cara atau proses penggantian/perubahan file sistem yang ada pada android dan sejenisnya. Misalnya anda ingin mengganti frimware pada smartphone anda dengan versi terbaru (upgrade) atau dengan versi sebelumnya (downgrade), Atau mengganti recovery original dengan recovery mod (TWRP/CWM) Dengan cara flashing.

Sebelum menjalankan flash tentunya membutuhkan frimware atau file yang sesuai dengan tipe handphone tersebut. Mulai dari Nomor model, Versi kernel, Build number dan Tingkatan OS pada android. Jadi sebaiknya amati dahulu file yang akan di download apakah sudah sesuai dengn yang di butuhkan. Karena ada beberapa produk smartphone yang memiliki tipe sama tapi versi dan nomor bentukan yang berbeda. Sebagai contoh saya ambil product Asus dengan tipe Zenfone 2 laser yang memiiliki banyak varian. Mulai dari ZE551ML, ZE550KL, ZE550KG, ZE500KL, ZE601KL, ZE600KL, dan ZE500KG.

Maka dari itu teliti lebih dahulu sebelum mendownload, biar gak rugi dua kali. Kalo ceroboh nantinya malah sudah habis Kuota bootloop pula. Hehehe....

Gagal Root
Kasus ini juga sering di alami pengguna yang gemar memodifikasi androidnya. Faktor penyebab gagal root hampir mirip dengan Kasus gagal flash, yaitu salah memilih file. Pada umumnya rooting itu menggunakan file supersu.zip, tapi sekarang bisa juga menggunakan magisk.zip. Kedua alat root tsb juga berbeda untuk pada tiap versi android

Salah menginstall aplikasi
Apalah sebelumnya pernah menginstall aplikasi yang tidak cocok untuk smartphone agan?
Hal ini juga bisa memicu terjadinya Hang, atau bahkan sampai bootloop. Jadi jangan asal install aja ya guys..

Memori Penuh
"memori telepon anda hampir penuh beberapa aplikasi mungkin tidak dapat di jalankan" jangan abaikan notivikasi tersebut. Segera hapus atau pindahkan beberapa aplikasi dan file ke memori external. Karena ini juga bisa jadi penyebab handphone jadi Hang, lelet, dan akan restart sendiri.

Baca juga: Cara sembunyikan nomor indosat axis xl saat menelpon

Nah... Sudah tau kan apa yang bisa menyebabkan smartphone android bootloop.

Sekarang baru kita bahas cara mengatasinya. File yang akan saya bagikan sekarang ialah khusus untuk zenfone 2 laser dan frimware untuk model Z00WD versi ZE550KG dengan build number WW-1.16.40.763. Untuk yang lainnya bisa anda cari di situs resmi. Oke simak baik baik ya.

Pertama
Silahkan download filenya
*USB driver | httMirror link
*Minimal adb flash tool | Mirror link
*FW-ZE550KG-1.16.40.763

Kedua
Extact file Trit-Net USB.zip lalu install USBdriver.exe pada komputer/laptop. Tunggu proses instalasi sampai selesai.

Ketiga
Install Minimal adb flash tool yang sudah di download tadi.

Keempat
Extrak Frimware WW-ZE550KG-1.16.40.763 tadi. Lakukan ekstaks disini agar tidak bingung mencarinya. Setelah proses selesai lalu cari flash hall-AFT.cmd pada folder frimware. Jika sudah ketemu jangan dulu dibuka, kita akan masuk ke tahap ke lima.

Kelima
Masuk ke mode fastboot pada zenfone 2 laser anda dengan cara tekan dan tahan tombol power + volume up hingga muncul logo asus dengan tulisan fastboot mode.
Setelah berada di mode tersebut colokan handpone ke komputer/PC menggunakan kabel usb yang asli. Pastikan device sudah terdeteksi oleh USB driver.

Selanjutnya klik open Flash hall-AFT.cmd dan akan terbuka jendela cmd sekaligus memulai proses flashing. Tunggu prosesnya hingga selesai, jangan cabut device sebelum zenfone anda reboot sendiri. Karena jika ponsel sudah mulai reboot dan masuk home screen itu tandanya flashing sudah seLesai dan suKses.

Bagaimana sobat Trit-Net cukup faham kah dengan uraian saya di atas? Mohon maaf jika artikel yang saya tulis agak sulit di mengerti, maklum saya hanya blogger pemula yang sedang belajar nulis.
Dan semoga tulisan saya ini bermanfaat. Jika ada yang ingin di tanyakn silahkan tulis di komentar. Terimkasih wassalaam...

Related Posts

12 comments

  1. Terimakasih brohert .akhirnya sya nemuin untuk flash asus z00wd saya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama. Silahkan ikuti tutirial flash dengan benar. Jangan lupa backup.

      Delete
  2. Thanks Sharing Ilmunya Gan.. Dan ijin Sedot Ya.. He.. He.. Sukses Selalu Gan.. Mantap.. 👍

    ReplyDelete
  3. Gan udah reboot masih restar senfiri hp nya .. ada solusi lain kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah tidak bisa di flash ada kemungkinan EMMC kena dan harus di repair atau di ganti.

      Delete
  4. Numpang tanya gan, apa setelah kita ikutin putunjuk tadi data-data dlm file HP kita jg ikut hilang seperti aplikasi catatan pribadi yg kita buat dalam HP itu gan, mohon info nya gan, terima kasih sebelum nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah flashing semua data dalam handphone akan hilang. Makanya lakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan flash.

      Delete
  5. Mohon solusi asus z00wd saya gk rebot setelah ikuti tutorial d ats.mohon solusinya

    ReplyDelete
  6. Hati2 kalo flash Z00WD produk yang satu ini tidak terdaftar di situs resmi asus...cari aja pasti gak dapat..kalo berhasil flash/upgrade ya sukur tp kalo ga ya jangan sedih...(mengingatkan saja)

    ReplyDelete
  7. gimana cara biar bisa conect gan, usb nya minta debugging dulu, tapi ga bisa aktifin debug nya, soalnya hp nya bootlop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya flash via adb tidak perlu mengaktifkan usb debugging. Mungkin anda belum menginstall USB driver dengan benar.

      Delete
  8. Terimakasih brohert .akhirnya sya nemuin untuk flash asus z00wd saya

    ReplyDelete

Post a Comment

Dilarang keras komentar spam, link aktif, dan promosi situs judi online juga situs konten dewasa. Admin akan menghapus komentar yang memiliki kriteria seperti di atas.

Subscribe Our Newsletter