Mengenal peralatan Service hp yang Paling di Butuhkan

Sobat Trit Net, Bila anda senang atau suka memperbaiki ponsel rusak. Atau mungkin anda sedang belajar menjadi Tuser secara otodidak, tidak ada salahnya kalau terlebih dahulu mengenal peralatan service hp. Ada beberapa macam alat yang sangat dibutuhkan, ada pula yang hanya sebagai penunjang saja.

Untuk memperbaiki handphone dibutuhkan peralatan yang benar-benar standar untuk service, Mulai dari kualitas hingga standar keamanan. Tidak seperti servis elektronik lainnya yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat seadanya, seperti avometer dan solder. Untuk memiliki peralatan tersebut memang dibutuhkan dana yang cukup besar, Tapi tidak semua memiliki harga yang mahal sobat. Ada beberapa peralatan yang harganya cukup terjangkau dan mudah di dapat di pasaran.

Sebelum sobat Trit Net berniat untuk membeli peralatan Servis hp, Ada baiknya sobat mengetahui perkakas apa saja yang paling dibutuhkan. Yuk langsung simak saja dibawah ini.

Peralatan Service hp untuk pemula

1. Blade Cutter (pisau cutter) 
Alat yang satu ini terbilang paling murah dan mudah di dapatkan. Blade Cutter berguna untuk membersihkan atau menghapus laminasi dari kawat jumper. Atau bisa juga digunakan untuk keperluan lain.

2. Point Cutter (Tank potong) 
Fungsinya tentu saja untuk memotong atau mengupas kabel. Juga untuk keperluan lain saat sedang melakukan service.

3. Nose Cutter (Tank jepit) 
Alat ini juga tidak kalah pentingnya dengan tank potong, bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk mendapatkan alat ini sangat mudah dan banyak di pasaran. Biasanya disebut tank cucut, karena bentuknya yang lancip seperti moncong ikan cucut.

4. Solder Iron 
Harganya yang murah dan mudah di dapatkan di pasaran menjadikan alat ini sebagai salah satu perkakas penting bagi tuser. Biasanya digunakan untuk keperluan solder komponen kecil, seperti kapasitor, resistor, dioda, transistor dan yang lainnya. Solder Iron juga bisa digunakan untuk membersihkan sisa timah dan lem yang menempel di PCB.

5. Soldering Station 
Alat Solder yang satu ini sedikit berbeda dengan yang di atas. Karena soldering Station memiliki 2 unit perangkat yaitu, Station dan besi solder. Juga memiliki opsi untuk mengatur suhu panas dan sumber daya listrik yang dibutuhkan saat melakukan service. Alat ini lebih baik dan lebih nyaman di gunakan ketimbang Solder Iron. Juga lebih aman saat digunakan.

6. Solder Wire (kawat solder) 
Kawat timah ini fungsinya tentu saja untuk menempelkan komponen elektronik ke PCB, atau untuk menyambung kabel. Kawat solder memiliki berbagai ukuran diameter yang berbeda, di antaranya 2.0mm, 1.5mm, 1.0mm, 0.5mm, dan 0.2mm. Dan ukuran yang biasa digunakan untuk keperluan service hp ialah yang 0.5mm. dengan komposisi Tin/Timbal dalam ratio 60:40 atau 63:37. Ada juga kawat solder yang bebas timbal.

7. PCB Holder 
Fungsi alat ini adalah untuk menjepit atau memegang PCB ketika kita akan mencopot komponen yang akan di ganti, atau saat melakukan penyolderan. Tentunya supaya pengerjaan perbaikan lebih aman dan nyaman.

8. Kawat Jumper 
Jumper Wire digunakan untuk melakukan jumper dari satu titik ke titik yang lain.

9. Obeng 
Untuk membuka skrup di ponsel biasanya diperlukan obeng khusus dan memiliki ukuran yang kecil. Alat ini juga mudah di dapatkan di pasaran.

10. Brush 
Untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di PCB. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus.

11. Batery Booster / Batery Tester 
Alat yang satu ini sangat penting dimiliki oleh setiap Tuser. Karena selain untuk mengukur Kondisi baterai yang rusak juga bisa digunakan untuk menambah kekuatan batre hp.

12. DC Power Supply 
Disebut juga Direct Current, Digunakan untuk memasok arus DC ke Telepon seluler. Dengan alat ini kita bisa menyalakan ponsel tanpa menggunakan baterai. Hal itu untuk mempermudah kita saat akan mencoba menyalakan mesin yang sedang di bongkar.

12. Hot Air Blower 
Fungsi alat ini ialah untuk mengalirkan udara panas terhadap objek yang diinginkan. Kita dapat mengatur suhu udara sesuai dengan kebutuhan. Alat ini juga sering di sebut SMD (surface mount device) rework sistem atau repair sistem.

13. Multimeter / Multitester 
Sesuai dengan namanya Alat ini adalah untuk mengukur komponen-komponen yang biasa digunakan untuk keperluan elektronik. Cara menggunakannya sangat mudah, kita tinggal mengatur pada tombol yang ada di alat tersebut.

14. Tweezer (pinset) 
Digunakan untuk memegang komponen elektronik seperti IC atau yang lainnya ketika kita mencabut atau menempel kembali ke PCB.

15. Mobile Opener 
Merupakan salah satu alat untuk membuka casing hp yang akan di perbaiki.

16. Liquid Flux dan Flux paste 
Ini merupakan pelengkap untuk membersihkan PCB trek, dan kaki atau pin komponen yang telah di cabut dan di pasang kembali. Flux paste juga digunakan untuk mempercepat perambatan panas dari blower yang kita gunakan untuk mencopot komponen dari pcb.

17. Solder Paste 
Di sebut juga timah pasta, biasanya digunakan untuk memperbaiki kaki pin dari IC yang akan di pasang. Cara menggunakannya cukup di oleskan pada kaki pin yang cekung, lalu di panaskan menggunakan solder uap.

18. Soldering Wire 
Berguna untuk membersihkan sisa timah yang ada pada PCB atau membuang kelebihan timah setelah melakukan solder.

19. LCD Tester 
Untuk memeriksa kondisi LCD dan mendeteksi kerusakannya. Biasanya digunakan apabila layar hp blank.

20. Magnifying Lamp 
Merupakan lampu pembesar untuk melihat Tampilan PCB. Fungsinya sama seperti microscope, bedanya alat ini memiliki lampu untuk menerangi perangkat yang di periksa. Kita bisa melihat pembesaran dengan skala 3x sampai 50x.

21. Microscope 
Fungsinya hampir sama dengan alat di atas. Yang membedakan ialah skala pembesaran dan pilihan zoom. Microscope juga bisa terhubung dengan komputer atau PC.

22. Smoke Absorber 
Alat ini lebih mirip kipas angin. Yang fungsinya untuk menyaring asap yang di hasilkan saat melakukan penyolderan. Hal itu untuk mencegah terhirupnya asap tersebut. Tentunya agar kita terbebas dari paparan timbal yang di hasilkan oleh pembakaran solder.

23. Test JIG Box 
Alat ini digunakan untuk mendiagnosa kesalahan yang terjadi pada ponsel. Dan membantu memecahkan masalah pada handphone agar bisa berjalan normal. Juga bisa untuk mengukur atau menguji tegangan pada PCB.

24. IRDA (Infrared work station) 
Fungsinya hampir mirip dengan Hot air blower, bedanya alat ini mengalirkan panas melalui infra merah. Sehingga aliran udara panas yang di hasilkan lebih stabil.

25. Antistatic Mat 
Biasanya di letakkan di meja sebagai alas untuk melindungi mesin dari kerusakan yang di akibatkan oleh listrik statis. Bisa juga di sebut sebagai grounding untuk melindungi mesin hp yang sedang di perbaiki.

Ada beberapa macam alat sejenis yang memiliki fungsi sama seperti Antistatic mat, seperti Antistatic Hand Gloves berupa sarung tangan ESD-Safe. Dan Wrist Strap yang cara menggunakannya cukup di lilit di pergelangan tangan seperti gelang.

26. Cleaning Sponge 
Sponge pembersih digunakan untuk membersihkan ujung mata solder setelah di gunakan.

Itulah beberapa Peralatan Service hp yang paling banyak digunakan oleh para Tuser pada umumnya. Sebenarnya masih banyak yang lainnya, tapi untuk kali ini mungkin hanya itu saja. Jika Anda ingin membelinya silahkan datang ke toko terpercaya, atau anda bisa berbelanja di  toko online terpercaya.

Related Posts

5 comments

  1. Sekilas nampak mirip perlengkapan di tukang reparasi elektronik biasa yah

    ReplyDelete
  2. Memang tidak jauh berbeda. Tapi ada beberapa peralatan yang khusus untuk Service hp.

    ReplyDelete
  3. Peralatan ini terlihat tidak asing tapi sedikit terlihat unik. Saya memiliki beberapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. ini peralatan Service hp yang biasa di pakai oleh para Tuser pada umumnya.

      Delete
  4. Thanks gan sangat membantu untuk belajar service HP untuk pemula

    ReplyDelete

Post a Comment

Dilarang keras komentar spam, link aktif, dan promosi situs judi online juga situs konten dewasa. Admin akan menghapus komentar yang memiliki kriteria seperti di atas.

Subscribe Our Newsletter