Mengatasi batrai hp rusak tidak mengisi daya saat di charge

Hp di cas tapi tidak mengisi, Mungkin ini penyebabnya!

Batrai adalah salah satu komponen utama bagi smartphone. Maka dari itu Menjaga kesehatan batrai agar tetap dalam kondisi prima menjadi hal yang sangat penting.
Tidak bisa dipungkiri memang, konsumsi daya pada android sangat besar. Apalagi bila koneksi internet selalu dalam posisi On, Terlebih sekarang semakin maraknya game yang berbasis online. Dan apa jadinya bila hp yang kita mainkan mengalami kerusakan pada batrai, atau daya batrai malah berkurang ketika sedang di charge. Tentu itu akan sangat menjengkelkan bukan.
Batrai di cas tidak mengisi
Batrai di cas malah berkurang

Daya tahan baterai ini tergantung dari jumlah kapasitas yang ditanam. Makin besar kapasitas baterai yang digunakan maka semakin lama daya tahan yang diberikan. Untuk smartphone keluaran terbaru biasanya sudah memasang baterai dengan kapasitas diatas 2000mAh. Bahkan sudah ada hp yang menanambah baterai berkapasitas 10.000mAh, Kapasitas sebesar itu tentunya sudah sangat mendukung kebutuhan daya smartphone kita.

Namun, yang patut menjadi perhatian dari sebuah baterai handphone tidak hanya kapasitasnya saja, tapi juga seberapa lama komponen ini memiliki daya tahan maksimal. Daya tahan baterai memang bervariasi. Secara teknis, usia baterai hp memiliki siklus pengisian 300-500 kali dengan durasi antara enam bulan hingga dua tahun atau bahkan lebih. Tapi semua itu juga tergantung dari cara penggunaan. Jika kita asal asalan dalam penggunaan baterai, tentu akan berpengaruh pada daya tahannya.

Tidak hanya itu saja, penggunaan yang tidak teratur juga akan menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satu yang paling sering ditemui adalah saat hp dicas atau diisi ulang tapi baterai tidak mau mengisi. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini kami ingin coba mengulas mengenai masalah tersebut. Karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebab yang mungkin bisa Anda tangani sejak dini.

Mengapa Baterai Tidak Mau Mengisi?
Seiring dengan semakin cepat dan canggihnya teknologi smartphone, membuat daya tahan baterai terus terkuras. Apalagi dengan penggunaan yang terus menerus yang mengharuskan Anda mengisi ulang baterai lebih sering. Hanya saja masalah muncul ketika mengisi ulang daya tapi baterai tidak bertambah. Saat ini terjadi, kita tentu langsung mengambil kesimpulan bahwa baterai hp telah rusak.

Sebelum menyimpulkan, Anda harus tahu bahwa ada beberapa masalah yang mungkin terjadi, yaitu baterai benar-benar tidak mengisi daya sama sekali atau mengisi tapi sangat lambat. Mengenai hal ini, sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab baterai tidak mengisi saat hp dicas. Faktor-faktor tersebut mencakup:

Hardware :

  • Komponen pendukung yang mengalami kerusakan seperti kabel, charger, sockets atau adaptor.
  • Kerusakan pada port charger. Kegagalan atau tidak terisinya baterai saat dicas bisa juga karena terjadinya kerusakan pada port charger yang ada di hp atau USB.

Software :

  • Error pada software, karena proses pengisian ulang baterai tidak hanya masalah hardware saja, tapi juga terkadang melibatkan software. Karena sebuah hp membutuhkan software untuk mendeteksi ketika ada charger yang terpasang. Jadi, jika software mengalami kegagalan deteksi maka proses pengisian pun akan gagal.
  • Aplikasi pihak ketiga yang diinstal. Tidak ada yang menjamin jika aplikasi yang tersedia di PlayStore cukup aman untuk hp Anda. Karena mungkin saja ada beberapa aplikasi boros baterai yang telah terinstal justru menguras daya bahkan mengganggu proses pengisian daya perangkat Anda.
  • Proses update OS yang tidak sempurna. Beberapa hp seri lama memang tidak banyak yang mendapat dukungan update OS terbaru. Faktor hardware yang kurang mendukung bisa menjadi penyebabnya. Jikapun beruntung mendapatkan update OS mungkin ada beberapa masalah yang bisa ditemui, salah satunya adalah pengisian ulang baterai yang berjalan lebih lambat.

1. Charger Adaptor Rusak
  Batrai tidak mengisi daya saat di charge bisa disebabkan oleh kondisi charger atau casan yang memang sudah rusak. Untuk memastikan kondisi charger dalam kondisi baik atau rusak silahkan anda coba gunakan alat pengisi daya yang lain, misalnya coba pinjam punya teman dan coba gunakan untuk mengecas hp milik anda. Bila ternyata batrai hp tetap tidak bertambah berarti masalahnnya bukan pada charger.

2. Kabel USB tidak cocok Atau Rusak
  Jika anda sudah mengganti charger/kabel data dengan yang bukan original bisa jadi penyebab daya batrai berkurang saat di charge adalah kondisi kabel USB yang tidak support dengan handpone anda. Hal tersebut sering terjadi apabila kita menggunnakan accecories hp yang bukan lagi bawaan hp tersebut. Kabel USB sering digulung tidak beraturan, Charger tidak di cabut saat tidak di hunakan bisa juga menjadi penyebab kabel data rusak. Coba lakukan pengecekan ketika hp di colokan ke charger dengan cara masuk ke menu Setting lalu cari dan pilih menu Batrai dan lihat apakan keteranganya Mengisi daya pada AC , Bila keterangannya Mengisi daya pada USB Maka dapat di pastikan bahwa kondisi kabel data memang tidak cocok dengan smartphone anda.

3. Port Charger bermasalah
  Selain kedua masalah di atas penyebab hp di cas tidak mengisi bisa juga di sebabkan oleh kondisi port USB yang bermasalah atau kotor. Untuk mengatasinya coba anda bersihkan menggunakan tusuk gigi dengan hati-hati dan cek apakah kondisinya masih dalam keadaan baik.

4. Kondisi Batrai yang Rusak
  Kondisi batrai yang sudah rusak dapat berakibat fatal terhadap performa smartphone kita, Misalnya: handphone menjadi tidak stabil, cepat panas, konsumsi daya berlebih, hingga yang paling fatal batrai tidak mampu menyimpan daya alias tidak bisa di charge. Kondisi batrai yang sudah seperti itu dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain. Oleh sebab itu ada baiknya kita lakukan pengecekan kesehatan batrai secara berkala, Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang lebih buruk terhadap smartphone kita.

  Untuk mengetahui dan memeriksa kondisi kesehatan batrai anda bisa menggunakan Multitester atau Auometer yang berfungsi untuk mengembalikan atau mengukur arus dan tahanan listrik serta untuk relasi kelistrikan suatu komponen.

Ada 2 jenis multitster

  • Multitester Analog, adalah multitester yang memiliki ukuran yang disesuaikan dengan jarum yang bergerak pada bidang yang diberi nama skla ukuran.
  • Multitester Digital, adalah multitester yang hasil pengukurannya ditentukan langsung oleh angaka.

HIDROMETER Digunakan untuk membaca dan mempelajari kapasitas baterai dengan cara mengukur kandungan asam elektrolitnya. Makin tinggi kandungan asam elektrolit makin berat jenis elektrolit Baterai.Silahkan lihat tabel di bawah ini

BERAT JENIS
KEADAAN BATERAI
1,265
TERISI 100%
1,225
TERISI   75%
1,190
TERISI   50%
1,165
TERISI   25%
<1.120
TIDAK TERISI (KOSONG)

 Untuk mengecek kondisi batrai anda juga bisa menggunnakan beberapa aplikasi yang tersedia di playstore.

5. IC Charging Rusak
  Untuk mengatasi masalah yang satu ini di butuhkan tenaga ahli untuk memeriksanya, silahkan datang ke service handphone untuk mengetahui masalah pada IC. Karena di butuhkan alat untuk memeriksanya. Adapun yang menjadi penyebab IC charging rusak biasanya karena terlalu lama di cas, dan hp sering di mainkan saat di charge. Dan jika memang masalahnya di IC maka segera lakukan penggantian. Karena ini akan berakibat pada komponen lain.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter