Cara mudah unlock bootloader asus zenfone max pro M1 tanpa PC

Hallo sobat tritnet, Bagaimana cara unlock bootloader asus zenfone max pro M1?

Mungkin itulah pertanyaan pemilik smartphone keluaran terbaru Asus ini. Oke Mumpung lagi ada waktu senggang sekarang saya mau berbagi tutorial Cara unlock Bootloader tanpa PC.

Sebagaimana diketahui pada 1 Maret 2018 lalu Asus zenfone max pro M1 di luncurkan secara resmi di indonesia, Membawa fitur baru dan performa yang sangat mumpuni. Untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya silahkn baca Spesifikasi asus zenfone max pro M1.

Para tukang oprek hape selalu penasaran kalau memiliki hanpon anyar, sebelum memodifikasinya hal pertama yang harus di lakukan adalah melakukan root pada smartphone tersebut

Dan supaya biasa melakukan root pada asus zenfone max pro m1 terlebih dahulu harus terinstall TWRP recovery. Akan tetapi tidak semua android bisa begitu saja memasang recovery mod pada sistem, Karena setiap sistem operasi (OS) memiliki satu program yang dinamakan bootloader.

Bootloader adalah sebuah program paling mendasar yang beroperasi di sistem operasi (OS) android juga perangkat komputer pada saat melakukan booting, fungsinya ialah mengonfigurasi perangkat ke setatus awal dan memilih partisi untuk menjalankan kernel juga mengatur lalulintas boot supaya bisa melakukan booting dengan normal.

Bootloader bisa disebut juga sebagai pos pemeriksaan keamanan sebelum masuk ke beberapa partisi yang ada pada sistem operasi perangkat smartphone. Misalnya pengalihan ke sistem recovery dengan cara menekan tombol power + volume down, mengalihkan ke sistem fastboot dengan menekan tombol power + volume up, atau boot langsung ke sistem operasi (normal mode).

Melihat begitu pentingnya keberadaan bootloader tersebut makanya pihak pembuat membuat program tersebut terkunci. Tapi jangan khawatir karena OS android menerapkan sistem open sourch dan mengijinkan penggunanya untuk membuka kunci atau biasa disebut unlock bootloader. Hal itu bertujuan untuk memberikan kelulasaan bagi para pengembang, Baik itu pengembang aplikasi maupun custom ROM.

Sebelum anda mengambil tindakan lebih jauh ada baiknya ketahui dulu konsekuensi dan akibat yang di timbulkan akibat unlock bootloader.

Baca:  Relock Bootloader Asus Zenfone max pro M1
UBL dapat mengakibatkan smartphone anda kehilangan garansi, Jika terjadi break atau bootlop itu akan menjadi tanggung jawab anda sepenuhnya. Jika anda tidak memiliki keterampilan dalam hal modifikasi android ada baiknya jangan lakukan hal ini. Atau anda akan merasakan akibatnya, apabila belum yakin dengan satu artikel carilah referensi dari blog atau web lain yang mengulas tantang mod android.
Baca: Cara root asus zenfone 2 laser tanpa PC  
Cara mudah root zenfone max pro m1
Inilah Cara unlock bootloader tanpa pc khusus untuk asus zenfone max pro M1 silahkan ikuti langkah langkah berikut:

  1. Masuk ke situs resmi asus lalu lakukan pencarian di halaman webnya dengan mengetik "asus zenfone max pro", setelah ketemu lalu pilih yang max pro M1.
  2. Jika sudah terbuka halaman preview klik menu dropbear yang ada di sebelah kanan atas, lalu pilih support.
  3. Di halaman berikutnya pilih "Driver&tools" lalu pilih OS android, tunggu beberapa saat sampai muncul list frimware. Jika sudah ada cari versi unlock tools lalu download file tersebut.
    Page
  4. Setelah download berhasil pasang aplikasi pada perangkat anda.
  5. Tahap berikutnya menjalankan aplikasi unlock tools, tapi sebelumnya silahkan aktifkan USB debugging dengan cara masuk ke menu Setting >> About >> Software information >> Klik sebanyak 7x pada Nomor bentukan sampai ada popups anda sudah menjadi pengembang. Dan itu artinya USB debugging sudah aktif.
  6. Buka aplikasi unlock tools lalu centang Agree dan klik Ok. Swipe untuk mengonfirmasi dan melanjutkan proses unlock, setelah itu ponsel akan reboot.

Untuk melihat apakah UBL berhasil atau tidak bisa anda cek menggunakan adb. Caranya sebagai berikut:

Pertama colokan smartphone menggunakan kabel usb ke PC, pastikan sudah terinstall USB driver pada komputer anda dan usb debugging pada ponsel sudah aktif. Lalu masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol power + volume atas. Masuk ke folder instalasi adb atau yang jika pernah menginstall Android SDK bisa masuk ke folder platform-tools lalu jalankan command prompt sambil menekan tombol shift dan klik kanan pada folder tersebut.

Setelah itu ketikan perintah "fastboot oem device-info" tanpa tanda petik tekan enter, nanti akan tampil informasi bootloader. Cari (bootloader) Device unlocked: false jika dalam status terlihat "false" berarti bootloader masih terkunci. Dan jika sudah terbuka atau unlock info yang tertera (bootloader) Device unlocked: true

Sekali lagi saya tegaskan bahwa semua resiko yang terjadi setelah mengikuti tutorial ini sepenuhnya tanggung jawab anda sendiri.

Ok mungkin itu saja tutorial Cara unlock bootloader Tanpa PC dari Tritnet semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Related Posts

14 comments

  1. Replies
    1. melakukan UBL tidak akan mereset data gan. Tapi hp akan restart saat melakuan ubl. Makanya biasakan backup data sebelum oprek hp.

      Delete
  2. Gan kalo mau relock bagaimana ,
    Kalo hp di hard reset apakah akan ter relock dengan sendirinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hard reset tidak akan menjadikan bootloader relock. Tapi ada caranya.

      Delete
  3. bro kalau udah selsai. bisa buat root kagak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini hanya ubl kalo root beda lagi..

      Delete
    2. Untuk root silahkan baca disini https://tritnet.blogspot.com/2018/08/cara-mudah-root-zenfone-max-pro-m1.html

      Delete
  4. Min tolong di jawab, kalau ikut tutorial ini apakah data data di internal akan hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses unlock bootloader tidak akan menghapus data. Tapi alangkah baiknya melakukan backup terlebih dahulu file penting yang ada di internal.

      Delete
  5. File yang 1gb itu di download juga atau tidak

    ReplyDelete
  6. Bro ..klo root tanpa pc gimana yahh??
    Jawaban anda sangat membantu

    ReplyDelete

Post a Comment

Dilarang keras komentar spam, link aktif, dan promosi situs judi online juga situs konten dewasa. Admin akan menghapus komentar yang memiliki kriteria seperti di atas.

Subscribe Our Newsletter