Cara merekam vidio dari layar android tanpa root

Tritnet, Merekam vidio langsung dari layar android yang biasa di sebut screen recorder sudah bukan hal asing lagi bagi para creator youtube bertema game maupun tutorial. Tapi kebanyakan dari mereka menggunakan aplikasi perekam layar yang bisa anda unduh dari playstore dalam pembuatan vidionya, Andapun bisa merekam game dengan mudah, Apalagi jika kamu bercita cita atau bahkan sedang mulai menjadi creator youtube.

Artikel terkait: Tips dasar membuat blog dari android bagi pemula

Tapi tahukah anda jika sekarang merekam game di android atau vidio screen record bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, Dengan kata lain bisa di buat langsung dari smartphone itu sendiri.

Lalu, bagaimana cara merekam vidio game di android tanpa aplikasi?

Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak artikel ini dari awal sampai akhir, jangan lupa berlangganan jika memang artikel dalam blog ini sesuai dengan yang anda butuhkan

Baiklah saya tidak akan banyak basa basi dan sekarang langsung saja kita bahas cara merekam layar android tanpa aplikasi. Tidak di perlukan akses root Untuk bisa menggunakan vitur ini.
Tapi sebelumnya harus anda ketahui android seri apa saja yang sudah mendukung fitur tersebut. Karena tidak semua android bisa melakukan perekaman layar tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Samsung galaxy dan google nexsus adalah smartphone yang sudah didukung fitur perekam layar tanpa aplikasi, sedangkan Asus, Vivo, Xiomi dan Oppo untuk saat ini belum mendukung. Dan untuk bisa menjalankan fitur tersebut OS android sudah harus versi lollipop 5.0 ke atas.

Baca juga: Mengetahui lebih jauh apa itu root dan keuntungannya

Adapun cara merekam vidio game dari layar android tanpa root adalah sebagai berikut:

  • Silahkan buka Google play games
  • Pilih game yang akan di mainkan dan ingin anda rekam
  • Buka halaman detail game pada bagian atas lalu tap rekam
  • Pilih setelan Kualitas vidio dan anda bisa mengaturnya sesuai yang di inginkan, lalu tap selanjutnya.
  • Jika ingin merekam layar home screen atau halaman lain silahkan keluar dulu dari game, Google play games tidak akan berhenti dan akan terus merekam aktifitas layar smartphone.
  • Untuk menghentikan klik dan tahan lingkaran atau gambar stik game berwarna hijau hingga keluar tanda silang di google play games.
  • Geser lingkaran yang di klik tadi ke tanda silang tersebut.


Setelah berhasil membuat rekaman anda bisa langsung melihatnya di directory file.

Jika ponsel yang di gunakan saat ini tidak mendukung vitur tersebut dan anda tetap ingin merek aktivitas layar Handphone gunakanlah aplikasi screen recorder yang banyak terdapat di playstore. Silahkan install dan jalankan sesuai dengan keinginan anda.

Itulah sedikit tutorial dari saya dan semoga berguna bagi kita semua. Jadilah pengguna smartphone yang bijak dan bisa mengambil manfaat dari canggihnya teknologi.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter