Pengertian dan cara merubah IMEI di android tanpa akses root

Apa itu IMEI?
IMEI Adalah kepanjangan dari International Mobile station Equipment Identity, Yang bila di artikan secara gamblang imei ialah sekumpulan nomor unik yang menjadi identitas perangkat yang menggunakan jaringan bergerak (jaringan seluler) berstandar internasional. Maka setiap perangkat (telepon seluler) wajib memiliki nomor unik tersebut. Karena jika ponsel tanpa imei bagaikan warga tak punya KTP, Bagaikan mesin yang tak memiliki nomor mesin dan bagaikan aku tanpa kamu, hehehe....

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 digit nomor unik dan memiliki beberapa fungsi penting bagi sebuah perangkat.

1. Delapan nomor pertama berfungsi untuk mengidentifikasi model dan asal produk, Dan yang seterusnya untuk mendeteksi produsen perangkat tersebut. Jadi anda bisa tahu itu handpone asli atau KW.

2. IMEI juga bisa di gunakan untuk melacak ponsel yang hilang, atau kita bisa menghubungi provider jaringan seluler untuk memblokir handphone dan simcard yang hilang atau di curi. Pihak provider juga bisa menyampaikan hal ini ke provider lain agar memblokir nomor imei tersebut.

Jadi intinya perangkat seluler dapat menangkap gelombang sinyal dari penyedia layanan (provider) berkat adanya nomor IMEI.

Lalu bagaimana jika nomor imei tiba-tiba hilang?

Memang ada banyak kejadian imei null atau hilang yang terjadi pada smartphone android. Dan itu akan mengakibatkan handphone anda tidak mendapat sinyal. Jika anda mengalami hal tersebut jangan kuatir, karena disini anda akan menemukan jawabannya. Sebelumnya coba lakukan cara cek IMEI dengan mengeketikan Kode *#06# pada dial pad. Dalam keadaan normal akan langsung muncul 15 digit nomor, lalu cocokan nomor tersebut dengan yang ada di belakang batrai atau di dus pack smartphone. Tapi jika setelah menekan kode tadi dan tidak keluar nomor (hanya ada tulisan IMEI null) pada layar, sudah dipastikan imei tersebut terhapus atau hilang.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab invalid IMEI, Diantaranya:

*Flash Custom Rom
Banyak sekali yang mengeluh terjadi IMEI null setelah mengganti rom custom, hal ini di sebabkan karena adanya bug dalam rom tersebut. Tapi biasanya si pembuat telah menyediakan fix tools untuk memperbaikinya. UntuK mengatasi hal oni Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus ke tukang service.

*EMMC sudah lemah/mati
Kondisi EMMC yang sudah lemah juga bisa mengakibatkan terjadi invalid IMEI dan sinyal hilang. Jika hal ini terjadi pada smartphone anda, sebaiknya segera datang ke service handphone untuk memperbaikinya.

Selain kedua penyebab di atas sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang berakibat pada kerusakan imei hape. Tapi mungkin saya tidak bisa menguraikan semuanya di artikel ini, mungkin akan saya tambahkan di lain waktu.

Sekarang kita lanjut ke topik kedua Yaitu, Cara Mengganti IMEI di android tanpa root. Namun sebelumnya anda wajib tahu dulu apa untung dan ruginya melakukan itu.

Kerugian Mengganti IMEI
  • Kehilangan garansi
    Kerugian pertama, anda tidak bisa lagi mengklaim garansi atas semua kerusakan yang terjadi pada hape. Makanya pertimbangkan dahulu sebelum anda melakukannya.
  • Merusak Sistem
    Di beberapa negara perilaku ini di anggap dapat merusak sistem operasi, tapi masalah ini masi bisa di perbaiki.
  • Melanggar hukum
    Dibeberapa negara eropa perilaku ini di anggap ilegal dan melanggar hukum. Di Asia dan Afrika juga memiliki hukum tetap untuk masalah ini.

Keuntungan mengganti IMEI
  • Dapat memperbaiki masalah invalid pada imei.
  • Smartphone anda tidak bisa di lacak menggunakan IMEI awal.
  • Memperoleh ID perangkat yang baru
  • Lebih cepat mendapat support pembaruan OS (tapi sebagian berpendapat justru sebaliknya)
  • Dapat memilih nomor yang Lebih unik dengan varian harga yang terjangkau

Nah... Sekarang anda sudah tahu kan apa itu imei, keuntungan dan kerugian menggantinya. Sekarang yuk lanjut ke tutorial cara merubah imei tanpa root.
Ada dua cara yang bisa di lakukan, tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi. Kita bahas satu satu ya guys.

Mengganti IMEI tanpa aplikasi
  • Silahkan masuk ke Pengaturan Perangkat lalu cari Backup & Restore selanjutnya pilih Reset to default
  • Berikutnya pilih Creat new (random) Android ID lalu masukan nomor cantik untuk imei anda.

Mengganti IMEI menggunakan aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa di gunaKan untuk merubah/mengganti nomor nomor cantik tersebut. Tapi disini saya akan membagiKan tiga aplikasi saja.

1. Menggunakan IMEI tools (free) Aplikasi ini di tawarkan oleh Edge Dev Studio, dan anda bisa mendapatkannya di playstore. Melihat dari deskripsi IMEI tools adalah aplikasi yang multi guna, salah satunya menunya yaitu IMEI changer. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Setelah anda install aplikasinya bisa langsung di jalankan dengan memilih menu yang di sediakan. Anda juga bisa melakukan mencari dan memilih nomor cantik mana yang di inginkan.

Baca juga: Cara main free fire pakai stik PS no roo

Untuk mengetahui kegunaan lain dari aplikasi ini silahkan baca deskripsi.
2. Menggunakan MTK engineering
Anda juga bisa mendapatkan aplikasi ini di playtrore, cara penggunaanya pun tidak jauh beda dengan yang di atas.

3. Menggunakan Exposed IMEI changer pro
Aplikasi yang satu ini termasuk yang paling mudah dalam penggunaanya. Begitu masuk ke halan awal lansung saja anda masukan IMEI baru yang anda inginkan. Atau anda bisa memilih secara acak (random) lalu klik apply untuk melanjutkan.

Related Posts

6 comments

  1. apakah ini bisa tanpa root min??

    ReplyDelete
  2. mantul infox boss, apa bisa setelah merubah imei lalu suatu saat dikembalikan lagi ke imei aslinya. apakah perubahan ini bersifat paten?? tolong dijawab

    ReplyDelete
  3. Min kok kalo asus zenfone selfie ga support mtk trus caranya gmna?

    ReplyDelete
  4. ap bisa untuk oppo f7 boss ?

    ReplyDelete
  5. Saya ada Oppo A5s gimana cara ganti IMEI ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Dilarang keras komentar spam, link aktif, dan promosi situs judi online juga situs konten dewasa. Admin akan menghapus komentar yang memiliki kriteria seperti di atas.

Subscribe Our Newsletter