Os Android akan diganti? Os ini penggantinya..

Sejak OS android di rilis pada 22-oktober-2008 tercatat sudah jutaan pengguna dan banyak memberi keuntungan bagi para produsen ponsel pintar. Bahkan brand yang dahulunya hanya dianggap meramaikan pasar ponsel kini bisa menjadi raja smartphone dengan penjualan yang sangan fantastis. Akan tetapi baru baru ini beradar kabar bahwa OS milik raja situs pencarian ini akan diganti dengan Operation Sistem terbaru yang masih dikembangkan oleh google.

Fuchsia OS yang di gadang gadang akan menggantikan Android kini sedang digarap dengan fokus oleh tim engineer google. Jumlah tim yang mencapai 100 engineer, Bahkan eksekutif desain Google Martin Duarte ikut di dalamnya meski paruh waktu. Kabar tersebut di dapat dari laman bloomberg yang mendapat informasi langsung dari sang penggarap proyek.

Lantas jika google benar benar mengganti Android yang sudah booming selama 10 tahun ini , Bagaimana nasib OS ini kedepannya?
Memang tidak bisa kita pungkiri kemajuan teknologi setiap harinya terus berkembang, Sudah menjadi hukum alam bahwa yang terbelakang suatu saat pasti akan ditinggalkan. Tidak terkecuali dengan perkembangan IT, Seperti contoh besar yang sudah kita ketahui sebelum Sistem Operasi Android hadir OS besar symbian pernah menduduki tahta tertinggi di dunia ponsel. Tapi kini sang raja telah lengser dan hampir punah, Apakah nasib sama akan terulang lagi?

Sebelumnya kita pasti berfikir bahwa google tidak akan mengganti Os andalannya tersebut, Karena dilihat dari segi pengembangan tercatat sudah memiliki lebih dari 9 kali update Android. Mulai dari versi beta hingga yang terbaru versi 9.0 (android p). Inilah sejarah perkembangan android dari awal sampai sekarang.


  • Android Beta

    Dari sinilah awal mula Android tercipta, Dirilis pertamakali pada 5 November 2007, yang kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google.



  • Android 1.0 (astro)

    Dirilis pada 23 Spetember 2008, Dan ponsel pertama yang menggunakan ialah HTC dream. Kala itu HTC Dream dijual seharga US$ 129,9 dengan kontrak 2 tahun untuk T-Mobile dan US$ 399 tanpa kontrak. Android yang digunakan HTC yaitu Android 1.0 hingga yang paling canggih Android 1.5 Cupcake dan Android 1.6 Donut. Sebelumya Android versi pertama ini akan ddiberi nama “Astro” tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama ”Astro” tidak jadi disematkan pada versi ini.



  • Android 1.1

    Di rilis pada 9 pebruari 2009 versi ini awalnya di khususkan untuk perangkat T-Mobile G1, Android 1.1 merupakan update dari versi sebelumnya yang masih terdapat beberapa bugs sekaligus mengganti API dan menambahkan beberapa fitur. "Bender" adalah nama yang diberikan pada versi ini, Tapi karena di anggap melanggar trademark maka nama ini di batalkan.



  • Android 1.5 (Cupcake)
    Versi ini dirilis pada 30 April 2009 dan menjadi versi Android ketiga yang di kembangkan google. Cupcake adalah nama yang di berikan, dan jika kita lihat penamaan OS ini sesuai dengan abjad yaitu huruf 'C' pada awal nama pertanda ini OS ketiga yang di kembangKan. Dan nama ini menjadi ide awal untuk versi selanjutnya. Karena seperti yang kita ketahui google selalu memberikan nama makanan untuk sistem operasi buatannya. OS ini berbasis kernel Linux 2.6.27 yang di tambahkan beberapa update serta UI baru dari versi Android sebelumnya. Mulai terdapat “widget” yang dapat di atur ukurannya. Ditambah kemampuan untuk meng-upload video dan gambar ke Youtube dan Picasa.



  • Android 1.6 (Donnut)

    Lagi lagi menggunakan nama makanan "Donnut" di rilis pada 15 September 2009. Pada versi ini Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan system UI yang lebih user friendly, juga mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemudian support layar dengan resolusi WVGA. Android 1.6 sudah mulai banyak digunakan oleh beberapa merk ponsel pada waktu itu.



  • Android 2.0/2.1 Eclair
    Pada versi ini mulai terjadi banyak perubahan dan penambahan fitur, Mulai dari pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Juga terdapat beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1. Eclair Dirilis pertama kali pada 9 Desember 2009.



  • Android 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)
    Dirilis pada 20 Mei 2010 dan digunakan oleh smartphone Google Nexus One. Sejak hadirnya versi ini persaingan antara Android dan iOS semakin terlihat, terlebih lagi banyak diskusi diskusi yang mulai membahas OS ini. Android Froyo sudah support terhadap Adobe Flash Player 10.1. Serta menunjukan peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, ditambah satu lagi kelebihan yaitu penggunaan SD Card sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Beberapa versi update yang dirilis diantaranya Android v.2.2.1 hingga v.2.2.3.



  • Android 2.3 Gingerbread
    Belum sampai satu tahun sejak Frozen yougart di rilis google kembali memperkenalkan Os terbarunya pada 6 Desember 2010. Dibanding versi sebelumnya Android gingerbread memiliki lebih banyak peningkatan, Dan dirancang untuk memaksimalakan kemampuan aplikasi dan game. Versi ini juga yang pertamakali menggunakan Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7. Karena di anggap sudah sangat jauh tertinggal pengguna Os ini sudah sangat jarang, dan aplikasi yang mendukung pun sudah banyak meninggalkannya.



  • Android 3.0/3.1 Honeycomb Smartphone pertama yang menggunakan Android 3.0 ialah Motorola Xoom. Pertama kali diperkenalkan pada 22 Februari 2011, Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada tablet PC.



  • Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwidch)
    Samsung Galaxy nexus menjadi pengguna pertama untuk OS ini. Dan smartphone sebelumnya yang menggunakan sistem operasi v.3.0 bisa di update langsung ke Android 4.0. ICS mulai di luncurkan pada 19 oktober 2011, mulai saat itu pengguna ponsel pintar semakin banyak Karena lebih banyak fitur di dalamnya.



  • Android versi 4.1 (Jelly Bean)
    Android Jelly Bean yang diluncurkan pada saat acara Google I/O dengan membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan tersebut diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui pada Os ini, fitur ini mampu memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kelebihannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7. Versi ini mendapat dua kali update yaitu Android 4.1 dan 4.3.



  • Android 4.4 (Kitkat)
    Di luncurkan pada 3 September 2013 yang pada awalnya di beri nama “Key Lime Pie” (KLP), nama itu berubah karena “sangat sedikit orang benar-benar tahu rasa key lime pie.” Beberapa blogger teknologi juga mengharapkan rilis “Key Lime Pie” menjadi Android 5. KitKat memulai debutnya pada Google Nexus 5 pada tanggal 31 Oktober2013, dan dioptimalkan untuk berjalan pada rentang yang lebih besar dari perangkat dari versi Android sebelumnya, memiliki 512 MB RAM sebagai minimum yang disarankan; perbaikan-perbaikan yang dikenal sebagai “Proyek langsing” internal di Google. Jumlah minimum RAM yang diperlukan yang tersedia untuk Android adalah 340 MB, dan semua perangkat dengan kurang dari 512 MB RAM harus melaporkan diri mereka sebagai perangkat dengan “RAM rendah



  • Android 5.x (Lollipop)
    Android Lollipop termasuk versi stabil yang memiliki dua versi yaitu 5.0 dan 5.1. Diresmikan pada 25 Juni 2014 saat Google I / O, dan tersedia secara resmi melalui over-the-air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014, untuk memilih perangkat yang menjalankan distribusi Android dilayani oleh Google (seperti perangkat Nexus dan Google Play edition). Salah satu perubahan yang paling menonjol dalam rilis Lollipop adalah user interface yang didesain ulang dan dibangun dengan yang dalam bahasa desain disebut sebagai “material design”. Perubahan lain termasuk perbaikan pemberitahuan, yang dapat diakses dari lockscreen dan ditampilkan pada banner di bagian atas screen.
    Google juga membuat perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan dengan perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai, yang dikenal secara internal sebagai Project Volta.



  • Android 6.0 (Marsmallow)

    Versi ini memberikan banyak pembaruan mulai dari fitur hingga kekuatan dan konsumsi batrai yang bisa di atur dengan pintar. Pertamakali di perkenalkan pada pengembang yaitu 28 mei 2015, dapat digunakan pada ponsel Nexus 5, Nexus 6, tablet Nexus 9 dan Nexus player dengan nomer bentukan di bawah MPZ44Q. Dan pada 17 agustus 2015 di rilis kembali untuk nomor bentukan MPA44G juga pembaruan MPA44I.
    Sedangkan untuk Android 6.0.1 baru di rilis pada bulan desember 2015, dengan membawa pembaruan besar bagi versi sebelumnya.



  • Android 7.0 (Nougat)

    Tidak berselang begitu lama sejak Android "M" di luncurkan pada 1 juli 2016 google kembali mengumumkan OS terbarunya yaitu Android 7.0 atau disebut Nougat. Kemudian di rilis secara resmi pada 23 agustus 2016. Versi ini memiliki fitur dan spesifikasi berupa vulkan, Notivikasi yang bentuknya telah diperbarui dengan beberapa aplikasi Google dan layar pisah serta mendukung beberapa bahasa dan Doze on the Go. Hampir semua brand smartphone dapat menjalankan Sistem operasi terbaru ini. Ada beberapa update pada Nougat yaitu 7.1, 7.1.1, dan versi terakhir 7.1.2.



  • Android 8 (Oreoo)

    Mendengar namanya saja kita sudah dibikin ngiler dan membayangkan semanis apa sih OS terbaru yang satu ini. Versi android ke delapan ini memang bener bener lebih pintar, lebih kuat, lebih cepat dan tentunya lebih manis dari yang sebelumnya.
    21 maret 2017 adalah rilis pertama sebagai preview bagi pengembang. Di lanjutkan dengan pratinjau kedua pada 17 mei 2017, versi ini di sebut sebagai versi beta. Selanjutnya untuk preview ketiga pada 8 juni 2017 sekaligus menyelesaikan API. Pratinjau ke empat sekaligus yang terakhir pada 24 juli 2017, Penyempurnaan dalam sistem dan perbaikan bugs serta pengoptimalan kinerja OS. Setelah semuanya sempurna baru pada tanggal 21 agustus 2017 Android Oreoo resmi di rilis ke publik.



  • Android 9.0 "P"

    Belum ada rilis secara resmi untuk versi yang satu ini, Bahkan untuk namanya saja belum ada bocoran secara resmi. Preview masih terus dilakukan para pengembang, dan pastinya kita sebagai pengguna terus berharap dan menantikan OS terbaru ini. Untuk update silahkan pantau terus situs situs yang biasa memberikan berita terupdate tentang smartphone.


  • Setelah melihat sejarah panjang perkembangan Android dari awal sampai sekarang, Apakah masih yakin OS ini bisa tergantikan. Untuk hal itu biarlah waktu yang menjawab semuanya.

    Related Posts

    Post a Comment

    Subscribe Our Newsletter