Mengatasi Play store error dan Tidak Bisa mendownload di Xiaomi

Beberapa waktu yang lalu Trit-Net mendapat pertanyaan dari salah satu teman yang mengalami masalah pada Playstore di perangkat Xiaomi Remi Not 2. Masalah yang dialami cukup simpel yaitu terjadi error saat membuka Play store. Seperti pada gambar dibawah.
Google play store error

Masalah seperti ini memang cukup sepele, tapi cukup membuat pusing plus kesal jika sobat Trit Net mengalaminya. Karena kita tidak bisa melakukan download atau mengupdate aplikasi karena hal tersebut. Cara mengatasinya juga sangat mudah, tidak perlu Root dan  Unlock bootloader Xiaomi anda.

Ada beberapa macam notifikasi atau kode error pada Playstore. Di antaranya, google play store error rh-01, error-501, 500, 502, 505, 506, 920, 921, 693, 691, dan kode error lainnya. Bisa juga seperti pada gambar di atas yaitu terdapat pesan "Batas waktu koneksi habis" saat kita membuka play store.Atau muncul notivikasi seperti "Error retrieving information from server. [RH-01]" dan "Diperlukan autentikasi. Anda perlu masuk ke Akun Google." atau "Authentication is required. You need to sign into your Google Account."

Sebenarnya masalah tersebut bisa terjadi pada semua perangkat Android. Tapi yang akan kami bahas kali ini ialah bagaimana mengatasi play store error atau tidak bisa mendownload pada Xiaomi.

Pesan Error pada Aplikasi Play store bisa terjadi karena beberapa faktor. Jadi sebaiknya anda perhatikan atau pastikan perangkat Xiaomi anda tidak mengalami hal-hal berikut :

  • Koneksi internet tidak stabil atau jaringan seluler ada di posisi Edge dapat menyebabkan AppStore tidak merespon.
  • Akun google anda mengalami masalah keamanan, atau sudah berganti password.
  • Terlalu banyak menambahkan akun google pada perangkat Android Anda.
  • Sinkronisasi otomatis di nonaktifkan.
  • Akses Play store Data tidak di aktifkan di perangkat Xiaomi anda.
Baca : Cara unlock Bootloader Xiaomi dengan mudah
Jika semua hal di atas tidak di alami oleh perangkat anda. Maka yang harus dilakukan adalah mengikuti panduan yang akan kami berikan. Simak dan cermati tutorial ini dengan seksama.

Mengatasi Play store Error dan tidak bisa mendownload pada perangkat Xiaomi. 

1. Lakukan Clear Cache. Caranya, Masuk ke menu pengaturan lalu cari dan pilih Apps instlled / Aplikasi terinstall.
Installed apps

Setelah itu cari aplikasi google play store, jika sudah ditemukan klik penyimpanan lalu pilih Hapus data, Pilih hanya hapus cache. Setelah selesai silahkan coba buks kembali Apps play store apakah masih terjadi error.
Play store apps

2. Jika dengan menghapus cache tidak berhasil sekarang coba cara kedua. Masih di Pengaturan>>Aplikasi terinstall lakukan seperti cara pertama. Tapi pada pilihan hapus data silahkan pilih Hapus semua data. Lalu buka kembali play store.

3. Cara ke-tiga, Masih di menu pengaturan>>Apps installed cari dan pilih Google play Service lalu pilih menu Detail Apps selanjutnya rubah semua akses tanda X berwarna merah menjadi hijau. Fungsinya ialah memberikan akses untuk aplikasi play store.
Google akses

Dengan melakukan tiga cara di atas seharusnya hp Xiaomi anda sudah berhasil masuk ke aplikasi Play store. Dan tutorial di atas bisa diterapkan pada handphone Android lain seperti , Asus, Samsung, Oppo, Vivo, dan merek lainnya.

Akan tetapi jika Anda sudah mengikuti tutorial tersebut tapi Play store di Xiaomi ternyata masih mengalami error. Silahkan coba cara terakhir.

Pertama, Silahkan masuk ke pengaturan lalu cari dan pilih Accounts pilih lagi Other Accounts.  Selanjutnya silahkan hapus akun google anda.
Accounts google

Kedua, setelah Akun anda terhapus silahkan masuk ke aplikasi Play store. Nantinya anda akan di arahkan ke menu account setting untuk login kembali menggunakan akun google.  Setelah proses signin selesai tunggu beberapa saat sampai aplikasi Play store terbuka.

Ok sobat Trit Net, Itulah tutorial mengatasi masalah error pada aplikasi Play store di perangkat Xiaomi. Semoga bermanfaat dan silahkan tulis kritik, saran dan pertanyaan di kolom komentar. Atau anda bisa mengisi formulir di halaman Contact Us

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter