Trik merubah partisi MicroSd menjadi Beberapa bagian tanpa menggunakan PC


Apa itu partisi dan bagaimana cara merubahnya?

Setelah beberapa minggu tidak update tutorial dikarenakan admin tidak memiliki banyak waktu luang untuk menulis artikel, karena admin terlalu sibuk dengan pekerjaan. Dan sekarang saya sengaja nyempetin untuk menulis sedikit walau di sela sela waktu kerja.

Tutorial kali ini ialah tentang bagaimana cara merubah dan menambah partisi MicroSD tanpa menggunakan Komputer atau PC. Mungkin ini bukan trik baru, karena sebelumnya sudah banyak blog yang membagikan tutorial seperti ini. Tapi tidak ada salahnya jika sayapun ingin berbagi.

Walau begitu saya tetap ingin membagikan trik ini kepada pemiarsa TritNet untuk menambah koleksi artikel di blog ini. Karena blog saya ini terbilang masih baru dan masih berburu pengunjung dan pembaca. Ok cukup sudah basa basinya, sekarang kita menuju ke pokok bahasan alias judul.

Partisi,

Apa sebenarnya partisi itu?

Partisi atau dalam bahasa inggris partition dari segi bahasa adalah pembagian atau sekat, Nah sudah kelihatan kan dari arti bahasanya juga.

Berarti Partition MicroSD adalah membagi kapasitas ruang pada MicroSD menjadi beberapa bagian dan fungsi yang berbeda pula. Seperti yang kita ketahui microsd ialah chips penyimpanan external yang di slot ke ponsel atau alat elektronik lain yang mendukung penyimpanan eksternal. Akan tetapi partisi standar MiniSD memiliki satu bagian atau part yaitu FAT32, Yang hanya berfungsi sebagai penyimpanan file, photo dan vidio.

Jika ingin merubah fungsi dari MicroSD tentunya harus merubah file system menjadi bagian bagian tertentu. Ada banyak partisi yang bisa di terapkan contohnya FAT (FAT16, FAT32), EXT2, EXT3, EXT4, NtFs, SWAP, ROOT, VAR, boot, dan lain lain.

Partisi Yang biasa digunakan pada MicroSD ialah FAT32, EXT2/EXT3/EXT4, NtFs, dan SWAP. Karena semua itu sudah mendukung sistem operasi linux dan window. Fungsinya juga berbeda beda, jika anda ingin tahu lebih jauh tentang fungsi partisi silahkan lakukan pencarian di tab google atau pantau terus blog TritNet untuk update selanjutnya.

Ada berbagai Cara merubah partisi baik yang menggunakan komputer atau langsung dari android. Yang Sekarang akan kita bahas yang tanpa komputer atau PC alias langsung dari smartphone android.

Baca juga : Tutorial merubah penyimpanan eksternal menjadi penyimpanan internal

Ada dua cara untuk partisi dari android,

  • Pertama Partisi bisa dilakukan dari TWRP dengan syarat smartphone sudah mempunyai akses root dan terpasang TWRP. Caranya tinggal masuk ke recovery mode atau TWRP mode, lalu pilih Advanced>Partition sdcard>EXT3/EXT4(tentukan size yang akan dibuat) lalu swipe untuk mengkonfirmasi. Akan tetapi tidak semua android bisa melakukan partisi lewat TWRP.
  • Kedua Partisi dengan bantuan aplikasi, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan dan semuanya bisa didapatkan dari Playstore atau appstore lainnya. Aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan partisi diantaranya APARTED dan Apps2SD, cara menggunakannya sangat mudah anda tinggal masuk ke menu partition tool pada Apps2SD atau create partition pada Aparted. Dan lanjutkan dengan memilih system partisi dan size. 

Sebelum melakukan partisi sebaiknya lakukan backup file yang ada pada Sdcard, sebab anda bisa kehilangan seluruh isi dari sdcard setelah melakukan partisi. Dan untuk mendapatkan hasil yang baik gunakan MicroSD class 10 keatas. Karena jika dibawahnya dikhawatirkan hasilnya tidak memuaskan dan sdcard akan mudah rusak.

Baca: Mengatasi Link2sd invalid package

Ok gan mungkit itu saja sedikit info dan tutorial kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa berlangganan artikel di blog ini.




Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter