Cara mengetahui artikel yang tidak di index mesin pencari google

Sebagai seorang blogger, Mengetahui artikel yang di-index atau tidak menjadi sangat penting. Agar bisa menentukan sejauh mana kualitas dan tingkat kemampuan kita dalam menulis artikel. Karena dengan munculnya Blog kita di halaman awal pencarian google, sangat besar potensi visitor untuk membaca apa yang kita tulis. Dan untuk mencapai tujuan tertentunya kita harus tahu apa yang di inginkan oleh pembaca, Dan apa yang di sukai mesin pencari.

Peran google search engine sangatlah penting bagi sebuah blog atau website. Karena berkat mesin pencari audiens dapat melihat dan membaca artikel yang di publikasikan. Oleh sebab itu penting bagi seorang blogger mengetahui bagaimana cara google merayapi sebuah situs.

Mungkin sudah banyak usaha yang di terapkan pada blog kita demi menarik pengunjung. Mulai dari peningkatan SEO sampai memanfaatkan fitur search console yang disediakan google untuk mempercepat pengindekan.

Lalu, bagaimana jika semua usaha yang kita lakukan belum membuahkan hasil?

Sebenarnya pertanyaan tersebut gampang gampang susah untuk di jawab. Jika memang sudah berbagai upaya di lakukan tapi ternyata blog milik kita masih sepi pengunjung, berati masih banyak kekurang dalam blog anda. Sehingga mesin pencari mengecualikan alias tidak mengindeks konten yang anda bagikan.

Lantas apa penyebab google mengecualikan URL konten?

Untuk mengetahui kenapa artikel tidak di index google ialah. pertama yang harus di lakukan adalah memeriksa apakah blog atau konten kita sudah di indeks google. Caranya sangat mudah, Cukup ketikan "info:https://nama.blog.com" pada laman pencarian tanpa tanda petik. Atau ketikan "site:https://blog.anda.com" untuk mengetahui artikel mana saja yang sudah di index oleh mesin pencari.

Tapi dengan kedua cara tersebut tidak lantas bisa menyelesaikan masalah yang ada pada blog itu sendiri. Dan untuk mengetahui URL artikel yang tidak di index google dan apa penyebabnya adalah sebagai berikut.

Pertama, Silahkan masuk ke laman google search console. Lalu pilih properti yang dimiliki. Setelah itu silahkan klik coba search console baru.


Kedua, Setelah masuk ke halaman search console versi baru silahkan pilih menu sitemap. Lalu pilih cakupan indeks, akan masuk ke laman pelaporan seperti pada gambar.
Keterangan gambar :

  • kesalahan berisi laporan kesalahan yang terjadi pada konten.
  • Valid dengan, berisi laporan konten yang terindeks walaupun di cekal oleh robot.txt
  • Valid, laporan yang berisi konten yang di indeks sepenuhnya.
  • Dikecualikan, laporan semua konten yang tidak di indeks karena beberapa hal.

Nah, sekarang tinggal cari tahu penyebab konten tidak di indeks.

Silahkan pilih laporan dikecualikan, akan ada dua Keterangan yang akan enunjukan url mana saja yang di abaikan google.

**Keterangan pertama: Dikecualikan karena url yang di kirimkan tidak dipilih sebagai kanonis.

Ini menunjukan ada artikel lain yang isinya sama dan lebih bagus di mata search engine daripada artikel milik kita. Sehingga membuat konten kita di anggap sebagai duplikat. Mesin pencari tidak akan mengindek URL duplikat.
Baca: Mengetahui dampak duplikat konten
Ini adalah hal yang sangat serius dan harus segera di tangani. Karena jika tidak, akan berakibat buruk bagi kelangsungan blog kedepan. Bahkan biasa menyebabkan blog tersebut di hapus sepenuhnya oleh google.

**Keterangan kedua: Di crawl saat ini tapi tidak di indeks

Ini tidak terlalu fatal seperti masalah pertama. Karena URL yang ada di Laporan ini sudah di rayapi oleh mesin pencari. Dan kemungkinan sudah di indeks, tapi google mengecualikan URL ini karena beberapa faktor.

Pada saat merayapi URL server dengan kata kunci yang ada pada konten tersebut sudah penuh, sehingga mesin tidak bisa menampilkan konten pada laman indeks. Dan biasanya url akan kembali di-krawl lagi. Jadi anda tidak perlu mengirim ulang link tersebut.

Jadi itulah cara mengetahui apa penyebab google tidak mengindeks URL blog kita. Semoga ini jadi tambahan ilmu bagi saya dan pembaca yang hadir disini.

Terimakasih, wassalam...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter