Tutorial merubah MicroSD menjadi penyimpanan internal


TritNet, Kalian pasti sudah tau tentang MicroSD atau MiniSDcard yang sekarang banyak di gunakan. MiniSDcard di perkenalkan mulai tahun 2003 oleh Sandisk corporation sebelum ada MiniSdcard ada dua varian MicroSD yaitu MicroSd adaptor dan MicroSD to MicroSD adaptor. Kali ini saya tidak akan membahas itu tapi yang akan di bahas kali ini adalah bagaimana cara merubah MicroSD/MiniSDcard menjadi penyimpanan internal.

Sebagaimana diketahui memori external adalah alat penyimpanan kedua yang bisa dipasang dan di copot ulang. Tapi pada umumnya memori external hanya bisa menyimpan file berupa musik, vidio, gambar, file teks dan lainya tapi tidak bisa menyimpan data aplikasi yang ada pada sistem internal. Karena format partisi pada microsd adalah FAT32, Untuk bisa merubah format penyimpanan external menjadi internal ada beberapa tahapan atau syarat yang wajib dilakukan pada smartphone juga microSd anda.

  1. Smartphone harus sudah memiliki akses root atau sudah melakukan root. Untuk mengetahui lebih jauh tentang root silahkan baca artikel Apa itu root dan apa keuntungannya
  2. MicroSD harus di partisi menjadi 2-3 bagian, FAT32, EXT4, SWAP. Baca Tutorial partisi MicroSD untuk mengetahui tentang partisi.
Setelah syarat di atas terpenuhi langsung ke tahap eksekusi, ada 3 aplikasi yang bisa di gunakan untuk merubah external menjadi internal.

  • Link2sd, Aplikasi yang satu ini memang paling handal dalam hal ini. Untuk bisa menggunakan link2sd Sdcard atau microsd harus sudah di partisi ke format EXT4, Karena untuk saat ini link2sd tidak mendukung format FAT32 , EXT2, EXT3. Untuk hasil yang optimal gunakan microsd class 10, karena jika menggunakan yang dibawah class 10 justru akan menjadikan ponsel anda jadi lemot atau ngelag. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Tutorial menggunakan Link2sd
  • FolderMount (root), Aplikasi ini bisa anda install langsung dari playstore dan langsung di gunakan, karena foldermount termasuk yang paling mudah di gunakan. Tapi masalahnya untuk versi gratis hanya bisa memindahkan 3 aplikasi saja. Jika ingin versi full tentunya anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli versi full.
  • Apps2sd, Untuk yang satu ini cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan link2sd, hanya saja Apps2sd memiliki banyak fitur di dalamnya. jika ingin tau fitur apa saja yang ada di dalamnya silahkan install aplikasinya dari playstore lalu jalankan.
Tonton vidio tutorial link2sd di youtube

Ok sobat TritNet itulah info tentang bagaana merubah memori external menjadi internal.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Dilarang keras komentar spam, link aktif, dan promosi situs judi online juga situs konten dewasa. Admin akan menghapus komentar yang memiliki kriteria seperti di atas.

Subscribe Our Newsletter