Dampak penerapan safe search mode oleh kominfo terhadap blogger dan youtuber

Safe mode

Pada tanggal 10 agustus lalu kominfo resmi menerapkan fitur safe search mode pada semua situs pencarian yang ada di indonesia, Semua penyedia internet service provider (ISP) diwajibkan menggunakan fitur ini.

Hal ini di lakukan untuk memblokir situs yang memiliki konten tidak senonoh. Dan menjaga agar generasi muda dari konten konten nakal yang sebelumnya dapat dengan mudah di jumpai di internet.

Internet menang sangat bermanfaat bagi kita, dengan hanya menggerakan jari dan duduk manis kita bisa tahu segala hal yang ada di luar sana. Akan tetapi kemudahan teknologi tersebut nyatanya di manfaatkan oleh tangan tangan jahil demi setali tiga uang. Yaitu dengan cara membuat situs por*o.

Tidak bisa dipungkiri memang situs dewasa lebih banyak diminati oleh para muda mudi, tidak terkecuali orang yang sudah cukup tua pun masih saja ada yang suka dengan konten seperti itu.

Pada tahun tahun Sebelumnya kominfo juga sudah melakukan banyak hal untuk melakukan penyaringan konten dewasa di internet. Mulai dari pengalihan situs ke konten yang sehat, pemblokiran, hingga penangkapan terhadap pemilik situs p*r*o. Tapi nyatanya masih saja ada yang mengakalinya dengan berbagai cara. Mulai dari mengganti DNS, mengganti IP, dan menggunakan vpn untuk bisa mengakses situs tersebut.

Penerapan safe search mode (mode pencarian aman) kali ini lebih ketat dari mode sebelumnya. Karena sekarang kominfo bekerjasama dengan penyedia situs pencarian google akan memblokir mulai dari situs, image content, dan yang paling sensitif yaitu kata kunci pencarian atau keywords yang berbau po*nography.

Pemblokiran kata kunci memang sangat efektif, hal itu terlihat dengan tidak munculnya konten apapun jika kita mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan film dewasa. Padahal sebelumnya jika kita mengetik kata bok*p, ng**t*t, atau kata lainnya pada laman pencarian google pasti akan muncul nama situs atau image dari keyword tersebut. Walaupun jika kita mengakses langsung ke situsnya akan di direct ke konten lain yang sudah di tentukan setiap ISP.

Utuk menguji mode pencarian aman ala kominfo saya mencoba menelusuri beberapa kata kunci yang berbau eswk eswk di beberapa browser seperti Chrome, Uc Browser, Firefox, Opera Mini, dan yang lainnya. Dan ternyata hasilnya sangat menakjubkan. Halaman yang di tampilkan hanya berisi keterangan seperti ini "Kata kunci yang anda masukan tidak ada yang cocok". Bahkan ketika pilihan di ubah ke fitur image search juga hasilnya tetap sama.
Safe search

Hal tersebut membuktikan betapa seriusnya Kominfo dalam memberantas dan mengubur semua konten dewasa di internet. Kita sebagai masyarakat dan terutama para blogger tentunya harus mengapreasi kebijakan tersebut. Demi menjaga generasi muda agar tidak terjerumus dengan hal hal buruk di dunia internet.

Akan tetapi Dalam penerapan safe search yang sejatinya masih dalam tahap percobaan, ternyata menimbulkan beberapa isu terhadap website/blog dan content vidio youtube yang tidak termasuk kedalam kategori negative. Ada beberapa blog site dan creator youtube yang terkena dampak dari pemblokiran massal yang dilakukan google dan kominfo.

Dampak pemblokiran keywords secara masal menyebabkan beberapa website dan youtube channel mengalami penurunan trafik hingga terkena masalah "page not pound" saat di akses dari beberapa internet service provider. Bahkan ada yang mengalami "restricted mode" pada channel youtube.

Akan tetapi pihak terkait yaitu dirjen aplikasi kominfo berkelit tentang hal tersebut. Mereka mengatakan masalah restrcted mode seharusnya tidak terjadi pada youtube.com. Karena pihaknya hanya memerintahkan pihak ISP untuk memblokir konten por*o melalui DNS google.com, google.co.id, google.sg, dan google.co.uk.

Pernyataan pihak kominfo bersebrangan dengan pernyataan para provider penyedia internet, yang justru menyarankan agar menanyakan masalah tersebut ke kementrian informatika. Pada akhirnya mereka saling menyalahkan dan belum ada yang memberikan penjelasan terkait dampak yang menimpa youtuber dan blogger.

Sejak di aktifkannya safe mode, saya coba memantau beberapa blog yang tadinya terkena dampak dan tidak bisa di akses melalui beberapa provider. Hasil pemantauan sudah menunjukan mulai ada perkembangan dan situs sudah bisa di akses meskipun trafik belum kembali sepenuhnya.

Jadi bagi para blogger atau youtuber yang terkena dampak dari penerapan safe search mode sabar aja yaa.. Dan saya sarankan coba periksa semua konten anda, mungkin saja ada beberapa keywords yang menjurus ke konten negative seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam blogger.

Related Posts

2 comments

  1. Wah makin aman untuk anak2 kita untuk berselancar.
    Trims sharingnya.
    Salam kenal

    ReplyDelete
  2. Iya pak. Tapi tetap kita harus menggunakan browser yang aman juga dan menerapkan seting safe search mode secara manual, agar lebih terproteksi juga. Soalnya dari pantauan terbaru keamanan dari pohak ISP sudah mulai longgar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Dilarang keras komentar spam, link aktif, dan promosi situs judi online juga situs konten dewasa. Admin akan menghapus komentar yang memiliki kriteria seperti di atas.

Subscribe Our Newsletter