Tutorial lengkap daftar adsense dari blogspot full approve

daftar adsense

Tritnet bLog. Ketika mendaftar sebagai publisher Adsense, Kiriman email seperti screenshoot diataslah yang selalu di nantikan setiap kali membuka inbok siang dan malam. Saya pernah merasakan hal serupa hingga berbulan bulan. Sampai pada akhirnya Keberuntungan menghampiri, pengajuan saya di terima sepenuhnya. Simak cerita dan tips dari Trit-Net bagaimana cara mendaftar adsense dari blogspot sampai full approve.

Apa itu Adsense?

Sebagimana kita ketahui Adsense adalah jaringan periklanan milik google yang sangat di gandrungi para publisher. Seorang blogger rela tidur larut malam, dan para creator youtube rela menghabiskan kocek untuk membuat satu konten menarik di channel miliknya. Semua itu di lakukan demi mendapatkan rupiah dari para pengiklan yang memasang iklan di google ads.


Mempunyai akun adsense adalah dambaan setiap bloggers Juga youtubers, Akan tetapi bukan hal mudah untuk diterima menjadi publisher. Butuh kreativitas dan ketekunan ektra untuk mendapatkan satu jatah akun yang di terima sepenuhnya oleh pihak google. Apalagi dengan semakin ketatnya peraturan dan persyaratan yang diberikan, ditambah semakin banyaknya pesaing di dunia blog seperti sekarang ini.

Sebelumnya saya pernah mengalami banyak kekecewaan saat pertama kali mendaftar adsense, Beberapa kali penolakan saya makan mentah mentah. Setiap email penolakan saya simpan dan baca berulang ulang, agar bisa tahu kekurangan apa yang harus di lengkapi agar blog saya bisa di terima.

Dan demi memenuhi keinginan dan rasa penasaran sekaligus tergiur saat melihat penghasilan para master IAPD (Indonesian Adsense Publisher Discussion) saya terus berjuang sampai titik darah penghabisan. Dan akhirnya pada minggu kemarin akun saya di terima sepenuhnya, dan sudah bisa menampilkan iklan seperti yang anda lihat sekarang.

Akan tetapi saya masih harus terus berjuang untuk mengembangkan dan mempertahankan akun ini.

Itulah sedikit cerita perjalanan saya saat mendaftarkan blog ini sebagai pengiklan adsense.

Bagaimana cara Google membayar?

Sebenarnya ini bukan hal penting untuk di bahas, tapi jika emang ingin tahu biar saya jelaskan. Google Adsense akan membayar para publisher dengan beberapa sistem perhitungan di antaranya:

  1. CPC (coast per click),CPC atau dalam bahasa indonesia di sebut BPK (biaya per klik) ialah perhitungan pembayaran berdasarkan jumlah iklan yang di klik. Untuk harga yang di tawarkan bervariasi tergantung dari penawaran google dan si pengiklan.
  2. CPM (coast per mile), Biasa disebut BPS untuk menghitung pembayaran berdasarkan jumlah penayangan iklan per seribu kali tayangan iklan.
  3. CTR (click throught rate)

dan masih ada lagi metode penghitungan yang di lakukan google untuk membayar para publisher. Yang mungkin tidak bisa saya uraikan semuanya karena keterbatasan ruang.
Maklum saya hanya menggunakan android untuk ngeblog, jadi jumlah kata yang bisa saya tulis sangat terbatas.

Apa perbedaan Adsense Hosted dan Non-Hosted?

Anda pasti pernah membaca tentang Adsense Hosted dan Non-Hosted. Dan bagi yang belum tahu akan saya jelaskan sedikit disini.

Adsense Non-Hosted Ialah akun yang di peroleh dengan mendaftar langsung di laman google adsense. Dan blog atau website yang di daftakan bukan dari platform blogger. Untuk memperoleh akun ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya Blog dengan domain khusus dan jumlah artikel yang memadai. Proses pendaftarannya juga memerlukan dua tahap peninjauan sebelum bisa menayangkan iklan.

Adsense Hosted Ialah akun adsense yang di dapat atau di daftarkan langsung dari blogspot atau youtube. Untuk mendapatkan akun ini cukup memerlukan satu kali peninjauan, dan andapun sudah bisa menayangkan iklan apabila telah menerima email pemberitahuan dari adsense.

Lalu adakah persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengajukan adsense dari blogspot?

Persyaratan yang di perlukan

  1. Sudah mempunyai blog di blogspot, jika belum punya segera daftar dan baca Tips dasar ngeblog di blogger bagi pemula
  2. Blog sudah berisi beberapa artikel yang memadai dan berbobot.
  3. Konten blog tidak berisi unsur kekerasan, hacking, perjudian, pornography, dan pembajakan hak cipta.

Hal-hal yang harus di perhatikan

Setelah persyaratan di atas terpenuhi ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan pengajuan adsense. Agar proses approve tidak memakan waktu lama. Di antaranya yaitu:

  • Niche
    Ini adalah hal pertama yang harus menjadi pehatian dalam membangun sebuah blog. Karena dengan menentukan niche atau kategori blog dari sejak awal berarti kita sudah menunjukan identitas dan topik yang akan d bahas. Ada beberapa kategori yang patut kalian coba:
    *Pendidikan
    *Kesehatan
    *Otomotive
    *Blog & SEO
    *Kuliner
    *Pariwisata
    *dll

    Atau jika anda seorang pemula seperti saya, bisa mencoba dengan niche gado-gado. Yang tentunya berisi tentang beberapa informasi campur aduk. Tapi untuk kategori blog seperti ini akan lebih sulit di terima sebagai publisher adsense.
  • Theme/Template
    Menggunakan Template yang Mobile friendly dan fast loading sangat berpengaruh terhadap Search Engine Optimation (SEO) Juga kenyamanan pengunjung blog itu sendiri. Karena mesin pencari (google) akan lebih cepat dalam melakukan krawl dan mengindeks halaman yang proses loadingnya cepat. Dan itu akan menentukan posisi URL halaman di search result mesin pencari. Jika blog sudah di indeks proses pengajuan sebagai publisher adsense akan lebih cepat untuk di approve.
  • Mendaftar di Search Console
    Selain menggunakan template yang mobile friendly Mendaftarkan Blog ke Google webmaster search console juga diperlukan untuk mempercepat proses perayapan dan pengindekan terhadap URL halaman sebuah konten. Caranya sangat mudah, anda cukup masuk ke www.google.com/webmaster/tools lalu masuk dengan akun google milik anda. Setelah itu tambahkan properti baru, yaitu dengan memasukan url blog agan. Untuk selanjutnya akan masuk ke menu verifikasi. Untuk blogspot proses ini tidak diperlukan, karena webmaster akan secara otomatis melakukan verifikasi terhadap blogspot.

    Selanjutnya lakukan submit URL halaman (fatch us google) atau memasukan sitemap.xml di menu sitemap. Tujuannya untuk mempercepat proses pengindekan google terhadap url halaman atau artikel. Baca Cara melihat URL yang di indeks dan tidak di indeks oleh google untuk mengetahui url mana saja url mana saja yang sudah di indeks dan yang belum.
  • Menghapus kesalahan perayapan
    Setelah URL blog dapat di indek oleh mesin pencari jangan lupa untuk selalu mengecek dashboard search console. Agar kita bisa memantau aktivitas mesin pencari dalam meng-crawl page url blog kita. Pada menu kesalahan perayapan akan menampilkan URL link error dengan keterangan page not pound 404, atau link error lainnya. Jika pada menu ini tampak ada beberapa url dengan keterangan tersebut maka harus segera di tangani. Karena bila hal tersebut di abaikan maka akan berujung pada penolakan adsense.

    Cara menangani masalah kesalahan perayapan sangat mudah. Cukup dengan menghapus url tersebut dari indeks google.

Oke... Itu tadi beberapa hal yang harus jadi perhatian, sekarang masuk ke fase berikutnya

Melakukan pengajuan Adsense


Pertama

Masuk ke blogger pilih menu penghasilan dan klik mendaftar ke adsense.

daftar adsense 1
Jika pada laman blogger anda tidak terdapat menu penghasilan, ubah bahasa di pengaturan>>bahasa dan pemormatan ke bahasa inggris (US).

Kedua

Setelah masuk ke halaman berikutnya silahKan pilih masuk ke akun google anda. Atau pilih daftar jika ingin menggunakan akun baru.

daftar adsense 2

Ketiga

Baca persaratan dan ketentuan adsense agar lebih memahami hal apa saja yang di ijinkan dan apa yang melanggar ketentuan. Setelah di baca dan di fahami centang dan klik setuju untuk melanjutkan.
Setelah itu anda akan Kembali di arahkan ke dashboard blogger lalu klik lanjutkan.

Keempat

Pada tahap ini lah kesabaran kita di uji untuk menunggu email keputusan dari google. Jika anda orang yang beruntung dan sudah memenuhi syarat yang di tentukan mungkin tidak perlu waktu Lama untuk di approve. Bisanya tidak sampai 1x24 jam email balasan sudah di terima.
Tapi jika kurang beruntung bisa 1-2 minggu keputusan google baru di terima. Nah... Pada masa peninjauan inilah kita sering melakukan kesalahan yang mengakibatkan pengajuan adsense anda di tolak. Kita sering kali terburu buru ingin memasang widget adsense pada halaman blog sebelum pengajuan di terima. Padahal kita tahu itu menyalahi aturan dan ketentuan google. Maka sebaiknya jangan lakukan hal tersebut sebelum mendapat email pemberitahuan bahwa pengajuan kita di approve sepenuhnya.

Penutup

Ok sobat blogger. Itulah sedikit tutorial dan tips mendaftar adsense, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter