Mengetahui lebih jauh tentang root dan keuntungan melakukan root pada android

Root
Akses root
Apa itu root?
Sobat blogger, anda mungkin tahu atau bahkan pernah melakukan root android milik sobat. Tapi apakah anda tahu pengertiannya? Disini akan saya bahas sedikit agar anda mengetahui arti dari pertanyaan di atas.

Sebelum melakukannya pada android kesayangan anda ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu root dan apa untung dan ruginya.

Bagi para opreker ini adalah hal yang lazim dan wajib di lakukan untuk bisa mengakses file sistem di android. Melakukan rooting adalah suatu proses mengijinkan pengguna gadget yang menjalankan sistem oprasi android untuk mendapatkan akses lebih tinggi atau biasa di sebut "akses root" pada sebagian subsistem (ingat hanya sebagian loh..), Dalam bahasa kasarnya membobol keamanan sistem.

 Proses ini akan memberikan akses lebih leluasa untuk mengganti aplikasi sistem dan merubah pengaturannya, Menjalankan aplikasi khusus yang memerlukan ijin administrator, Atau menjalankan aplikasi lain yang tidak bisa dilakukan pengguna biasa. Hal ini sah saja dilakukan oleh setiap pengguna dengan resiko ditanggung sendiri.

Melakukan root dapat mengakibatkan pengguna kehilangan garansi pabrik dan tidak akan mendapatkan update atau rilis software terbaru dari sistem, karena proses ini mengganti dan menghapus piranti secara penuh. Tapi jangan hawatir jika anda masih bisa melakukan unroot jika sewaktu-waktu ingin melakukannya.

Baca juga: cara root zenfone-2 laser z00wd z550kg tanpa PC

Ada banyak cara untuk melakukan Root dan pada umumnya harus melakukan Unlock bootloader terlebih dahulu, Ada yang menggunakan PC atau komputer ada pula yang tanpa PC atau langsung dari ponsel android dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Untuk yang menggunakan PC biasanya akan lebih rumit karena kita harus menginput file secara manual menggunakan tool, tapi hasilnya akan lebih baik dibanding yang menggunakan aplikasi root.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk meroot hape. Misalnya kingroot, framroot, baiduroot, dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan anda lakukan pencarian di laman google untuk mengetahui aplikasi apa saja yang bisa di jadikan alat untuk rooting android agan.

Tujuan

Pada umumnya tujuan pengguna smartphone melakukan root adalah hanya sekedar ingin menghapus beberapa aplikasi sistem yang di anggap tidak di perlukan oleh user. Tujuan lain dari user ialah ingin memodifikasi tampilan androidnya dengan menginstal custom rom, Jika ingin tahu lebih jauh tentang Custom Rom silahkan gabung di forum xda. Karena disanalah tempat dikupas habisnya semua permasalahan android oleh beberapa creator.

Selain dua maksud di atas ada juga yang melakukan root karena ingin melakukan modifikasi pada kernel, anda harus mempunyai kemampuan lebih agar bisa melakukan itu. Jika pengetahuan anda dirasa belum cukup akan lebih baik jangan melakukannya. Karena itu akan sangat bereiko.

Nah... Itulah sedikit ulasan tentang apa itu root dan apa keuntungannya. Jadi pertimbangkan dahulu sebelum anda mengambil tindakan tersebut, karena segala resiko yang ditimbulkan akan menjadi tanggung jawab anda sendiri. Saran saya bacalah artikel dari berbagai sumber sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, agar ilmu dan pengetahuan kita bertambah.

Terimakasih untuk kunjungannya jangan lupa share atau beri komentar yang membangun untuk kelangsungan blog ini.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter